PopAds

Bersama Kita Wariskan Hutan yang Lebih Baik

 

               Bersama Kita Wariskan Hutan yang Lebih Baik


http://infobelajar25.blogspot.com/search/label/Berita%20Popular

infobelajar25.blogspot.comHutan merupakan harta berharga yang harus dilestarikan oleh semua orang. Banyak upaya dilakukan berbagai pihak terkait untuk menjaga kelangsungan paru-paru dunia ini. Salah satunya di Indonesia dengan penetapan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang diperingati setiap tanggal 28 November dan Bulan Menanam Nasional (BMN) yaitu bulan Desember.
Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menjaga hutan. Selain sebagai sumber oksigen untuk seluruh makhluk hidup, keberadaan hutan penting untuk menunjang penurunan tingkat emisi tidak hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia.
Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menjaga kelangsungan hutan. Acara ini diperingati secara resmi oleh Presiden SBY bersama segenap jajaran Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II serta para pejabat tinggi negara dan duta besar negara sahabat dengan ikut menanam pohon di Desa Datah, Kec. Abang, Kab. Karangasem, Provinsi Bali, Senin 25 November 2013.
Mengambil tema “Wariskan Hutan yang Lebih Baik untuk Generasi Penerus Bangsa”, Presiden SBY mengambil langkah untuk menanam pohon Kalpataru (Hura crepitan) atau biasa dikenal dengan nama lain Buah Roda. Keberhasilan gerakan penanaman 1 milyar pohon per tahun tentunya tidak hanya bergantung pada pemerintah dan sektor kehutanan saja tetapi juga dari sektor-sektor lain, serta seluruh lapisan masyarakat dan pengusaha termasuk media.
Untuk mewujudkan hal tersebut berbagai upaya dilakukan, salah satunya dengan mengadakan Lomba Penanaman Satu Milyar Pohon tahun 2012 Tingkat Nasional. Pada kesempatan tersebut, Kementerian Kehutanan memberikan penghargaan kepada para pemenang. Selain itu apresiasi juga diberikan kepada para pelaku usaha, perguruan tinggi, LSM, serta perorangan.
Tak ketinggalan penghargaan yang tinggi juga disampaikan kepada pihak-pihak yang berkontribusi besar dalam pencapaian suksesnya penanaman pohon ini baik di pusat maupun di daerah. Penghargaan tersebut diharapkan dapat memotivasi pihak lain untuk mengikuti jejak mereka.
Upaya ini nampaknya mulai membuahkan hasil, terbukti selama 4 tahun terakhir sejak 2010, realisasi penanaman pohon melalui Gerakan Penanaman Satu Milyar Pohon terus meningkat. Secara total sebanyak 1,3 milyar pohon berhasil ditanam pada tahun 2010; 1,5 milyar pohon pada tahun 2011; 1,6 milyar pada tahun 2012, dan sampai dengan akhir bulan Oktober 2013, telah tertanam sebanyak 1,14 milyar pohon atau sebesar 114% dari target yang ditetapkan. Secara total gerakan ini berhasil menghasilkan 5,54 milyar pohon ditanam dalam jangka waktu 4 tahun. Hal ini sesuai dengan pesan dari Presiden SBY dan Ibu Negara, Ani Yudhoyono untuk menanam selamanya supaya negeri ini tetap hijau.
Kementerian Kehutanan juga telah berhasil meningkatkan budaya masyarakat menanam pohon untuk membangun ekosistem hutan. Salah satunya dengan membangun Persemaian Permanen di setiap provinsi dan Kebun Bibit Rakyat di setiap desa untuk menyediakan bibit secara massal dalam rangka rehabilitasi hutan dan lahan.
Semua upaya ini merupakan bentuk nyata yang dilakukan Kementerian Kehutanan untuk mengajak semua pihak agar menjaga pohon sehingga kita dapat mewariskan hutan yang lebih baik dan terawat kepada generasi yang akan datang. Mari kita terus mendukung program Kementerian Kehutanan demi kelangsungan kita bersama

Bersama Kita Wariskan Hutan yang Lebih Baik 4.5 5 www.photohot69.com                Bersama Kita Wariskan Hutan yang Lebih Baik infobelajar25.blogspot.com -  Hutan merupakan harta berharga yang harus di...


Top