PopAds

Game Terbaru CALL OF DUTY GHOSTS It's Time To Earn The Mask

 

Review Call of Duty Ghosts: Kecewa Berat!
Sebelumnya harus saya katakan bahwa saya adalah fans berat dari seri Call of Duty: Modern Warfare. Modern Warfare merupakan game pertama dari Infinity Ward’s yang mengambil latar era modern dan langsung menjadi judul fenomenal di seluruh dunia dengan kombinasi kedua mode single player dan multiplayer yang sangat mengagumkan. Lalu munculah perpecahan di dalam developer game ini tahun 2010 dan sejak saat itu kualitas cerita dari Modern Warfare menjadi membosankan dan sayapun berhenti bermain Modern Warfare.
Tapi ketika Call of Duty: ghosts diumumkan, saya harus mengakui bahwa saya sedikit berharap dan juga penasaran disaat yang sama. Mungkin dengan hilangnya judul Modern Warfare game ini akan membawa sesuatu yang baru dan menarik. Mungkin ghosts dapat memberikan sensasi yang sama ketika saya bermain seri Modern Warfare untuk pertama kalinya. Saya pun bermain ghosts dengan penuh harapan, tapi akhirnya saya dikecewakan dan marah.
Sebelum kita mulai, saya harus beritahu bahwa proses instalasinya benar-benar lama. Saya harus mendownload gamenya via Steam dan melakukan unlock setelahnya. Ketika saya mencoba untuk memainkan versi single playernya, gamenya melakukan install tambahan dan seketika itu juga instalasi gagal. Saya diberitahu bahwa ada update baru dan saya harus mendownload lagi keseluruhan gamenya yang sebesar 30+ GB! Saya tidak yakin apakah ini bug dari gamenya atau dari steam, namun yang jelas bukan saya saja yang mengalami hal ini. Hal itu benar-benar mengesalkan dan membuat review ini terlambat 6 jam.

2013-11-05_00009Mode Single Player: Bunuh Saya Sekarang
Untuk ukuran game AAA (baca: sangat terkenal) dengan budget jutaan dolar dan publisher terbesar di dunia yang menyokong game ini, Call of Duty: ghosts terbilang sangat buruk. Ada beberapa karakter yang akan kamu mainkan dalam game ini, namun kebanyakan kamu akan menjadi Logan seorang prajurit spec-ops yang bersama dengan saudaranya Hesh, ayahnya Elias dan juga beberapa anggota prajurit lainnya yang bersama-sama melawan kelompok federasi. Federasi ini adalah koalisi pasukan Amerika Selatan yang menggunakan senjata luar planet untuk memulai perang dan menjajah Amerika Serikat.
Secara singkat ghosts adalah kelompok prajurit paling elit, paling hebat dan paling mematikan di dunia. Bersama dengan tim ghosts kamu akan mencegah rencana jahat federasi dan pada saat yang sama mencari Rourke, orang yang berada di belakang penyerangan ini.
Sulit untuk menjelaskan ceritanya tanpa spoiler, tapi yang bisa saya bilang adalah cerita game ini sangat buruk. Bukan itu saja ceritanya juga tidak masuk akal, tidak jelas, sangat mudah ditebak dan dengan ending yang sangat buruk dimana ada banyak hal yang sengaja disisakan untuk Call of Duty ghosts 2. Ini adalah cara yang buruk untuk mengakhiri sebuah game dan diperparah dengan fakta bahwa endingnya tidak masuk akal.
2013-11-05_00034Tapi mungkin yang lebih membuat frustrasi adalah keseluruhan konsep ghosts sebenarnya tidak masuk akal.
Jika memang ghosts adalah pasukan yang paling elit dan paling tidak terlacak (yang mana dicerminkan lewat kata ghosts dalam judulnya) maka mungkin game ini akan menarik. Tapi faktanya adalah game ini sama sekali tidak stealthy seperti ghosts, hampir setiap misi yang kamu jalani akan berlangsung secara frontal dengan berbagai ledakan. Dan anehnya walaupun diceritakan Amerika Serikat telah di jajah kamu akan tetap memiliki banyak sekali resource mulai dari senjata, air support, tank baja, pesawat dan lainnya. Kamu akan menghabiska kebanyakan waktu kamu menghancurkan benda-benda dengan senjata mesin raksasa yang sama sekali tidak ada seni stealth atau ghostsnya. Gamenya seharusnya mempunyai judul call of duty: Grunts daripada ghosts.
Pengembangan karakter game ini pun sangat buruk. Seharusnya kita dapat melihat hubungan antara Hesh, Logan dan ayah mereka, tapi hubungan di antara mereka tidak pernah diceritakan. Kita diharapkan untuk mempunyai perasaan khusus terhadap grup ini hanya karena fakta mereka adalah keluarga. Sepanjang game saya hanya menemukan satu adegan dimana latar belakang dari keluarga prajurit ini dibahas dan itu pun sangat sedikit.
2013-11-05_00022Game ini tidak memiliki banyak bug, tapi kamu akan menemukan beberapa element yang aneh. Contohnya di level awal kamu akan menemukan bahwa hukum fisika tidak berlaku dalam game ini dan astronot pun akan terus memakai pakaian mereka secara penuh walaupun sedang berada di space station. Saya juga menemukan beberapa NPC melakukan hal yang konyol seperti bersiap-siap kena tabrakan padahal tidak ada apa-apa atau berdiri di balkon dengan santai sementara sebuah helikopter sedang jatuh ke arah mereka.
2013-11-05_00010
Call of Duty ghosts menambahkan fitur baru yaitu anjing yang dapat membantu kita. Tapi dalam game ini perannya benar-benar tidak berguna. Saya menamatkan Call of Duty ghosts dalam waktu 5 jam saja, untungnya game ini tidak panjang mengingat betapa buruknya game ini. Jika kamu benar-benar cepat dan jago dalam bermain maka mungkin kamu dapat menamatkannya dalam wakut 4 jam atau kurang.
2013-11-05_00048

Gameplay: Kamu Pernah Memainkan Ini Sebelumnya

Jika kamu suka dengan Call of Duty maka kamu juga akan suka dengan bagaimana cara senjata bekerja dalam ghosts, ini karena memang ghosts sangat serupa dalam hal gameplay. Bahkan “sangat sama” adalah kata yang tepat untuk menggambarkan gamenya secara keseluruhan, karena tidak ada yang baru dalam game ini. Kamu akan berlindung dibelakang mobil dan menembak orang sepanjang waktu.
2013-11-05_00002
Seperti tipikal game Call of Duty lainnya kamu akan menyusuri koridor-koridor bangunan dalam setiap levelnya (jika kamu masuk kedalam sebuah gedung dalam game ini maka kemungkinan besar gedung itu akan roboh). Tapi ada juga misi sampingan seperti menerbangkan helicopter, mengendarai tank dan menembak orang diluar angkasa dan dalam air, bahkan kamu juga bisa mengendalikan anjing untuk beberapa saat. Namun itu tidak mampu memberikan sebuah variasi yang signifikan. Call of Duty ghosts mempunyai banyak scene yang sebenarnya seru namun sudah terlalu banyak digunakan sehingga tidak lagi membuat saya tertarik, seperti meloncat ke arah helikopter. Tidak ada dalam Call of Duty ghosts yang akan membuat kamu terkejut jika kamu sudah memainkan seri sebelumnya.
2013-11-05_00021
Ada beberapa misi dalam game ini yang menawarkan sesuatu yang baru (setidaknya bagi saya, tapi ingat bahwa saya melewatkan beberapa seri COD). Dalam misi “Federation Day” yang mana adalah misi terbaik kamu akan membunuh lawan secara diam-diam dalam gedung pencakar langit sambil menuruni gedung tersebut dari dengan tali. Kamu nantinya akan masuk ke dalam salah satu kaca dan menggunakan strobe light untuk membutakan musuh.
Misi ini cukup menyenangkan tapi saya pikir akan lebih seru lagi jika kamu diberikan pilihan bagaimana kamu akan menjalakan misinya, jadi kamu mempunyai kendali dan bukan sekedar menjalani skenario yang telah dibuat. Saya berharap dapat menggunakan strobe attachement lagi di misi lain namun saya tidak dapat melakukannya. ghosts mendikte kamu langkah demi langkah dan tidak ada yang dapat kamu lakukan untuk menyimpang dari skenario yang telah dibuat.
Kamu mungkin berfikir saya sedikit tidak adil dengan game ini. Tapi saya pikir kita harus kembali mengevaluasi Call of Duty dalam konteks. Ini adalah game ke-10 dari seri Call of Duty dan akan menjadi seri pertama dari seri ghosts, apakah selama ini tidak ada cara untuk menambahkan formula baru kepada gamenya? Apakah dengan formula yang sama dan peningkatan grafis disetiap serinya sudah cukup menjadi alasan bagi kamu untuk membelinya dengan harga $60?
Secara pribadi saya rasa tidak. Tapi jika kamu suka dengan formula call of duty yang gitu-gitu saja maka kamu akan puas dengan Call of Duty: ghosts. Hanya saja jangan harapkan kejutan dalam game ini, karena kamu pernah memainkan game ini sebelumnya.
2013-11-05_00012

Grafis: Saya Harap Kamu Suka Dengan Warna Coklat

Sayangnya bukan saja cerita dan gameplaynya yang membosankan, grafisnya juga demikian. Di game ini kebanyakan kamu akan bermain di hutan dengan penuh tanaman hijau, coklat dan latar abu-abu. Tidak ada yang benar-benar meninggakan kesan dan beberapa adegan malah terasa diambil dari game lain (ada adegan tank dalam game ini yang sangat mengingatkan saya kepada misi tank di Battlefield 3).
2013-11-05_00057
Selain hutan yang didominasi oleh warna gelap ada juga lingkungan dengan warna cerah seperti pada misi “Federation Day” yang telah saya sebutkan dan juga sebuah misi dimana kamu akan bermain disebuah gunung bersalju di bawah terik bulan. Tapi kebanyakan gamenya mengambil setting di bangunan yang sudah hancur atau daerah industri seperti kereta atau pengeboran minyak.
2013-11-05_00036
Dalam hal kualitas grafis, jika kamu pernah memainkan Call of Duty sebelumnya maka kamu akan tahu bagaimana kualitas ghosts. Saya memainkan ghosts dengan setting tertinggi di PC dan tidak terlihat begitu memukau. Kamu bisa melihat bagaimana game engine game ini sudah tua. Tidak terlihat buruk memang namun tidak bisa disamakan dengan pesaingnya Battlefield 4. Walaupun versi PCnya membutuhkan 6 GB tapi Call of Duty: ghosts tidak terbilang fantastis dalam segi presentasi.
2013-11-05_00059

Suara

Desain suara dalam game ghosts terbilang biasa saja dan bahkan kurang akurat. Beberapa bagian dari gamenya terdengar sangat baik tapi beberapa terdengar dipaksakan. Beberapa senjata terdengar sangat lemah dan beberapa suara terdengar terlalu over kompleks. Kamu tidak akan mendengar hal ini terlalu sering sepanjang kamu bermain, namun ketika hal ini terjadi maka kamu dapat dengan jelas mendengarnya.
Kualitas voice actingnya juga terbilang biasa saja, bahkan terkadang pembicaraannya terdengar sangat flat dan membosankan. Bagi saya ini sangat berbeda jauh dengan game Battlefield 4 yang mempunyai voice acting yang sangat bagus sekali. ghosts memasang aktor terkenal Stephen Lang sebagai voice actor, namun sepanjang game kamu tidak akan menyadari siapa yang ia perankan karena memang tidak ada yang terlalu stand out.
2013-11-05_00018
Untuk urusan musik gamenya, ghosts menggunakan musik orkestra yang menambah ketegangan dibeberapa misi. Tapi kamu mungkin tidak akan menyadarinya sepanjang game. Saya baru saja menyelesaikan game ini dan tidak ada ritme musik yang nempel di kepala saya. Mungkin musik yang paling mudah diingat adalah lagu Eminem yang muncul di akhir game (sama seperti yang digunakan di trailer multplayernya)
2013-11-05_00006

Multiplayer

Tapi tentu saja bagi banyak orang, Call of Duty bukanlah mengenai single player. Mode mutilplayernya lah yang membuat orang terus memainkan game ini. Sayangnya walaupun ada beberapa menu baru tapi gameplaynya masih sama.
Tambahan terbarunya adalah mode Squad yang pada dasarnya adalah multiplayer dengan bot. Ini cocok bagi mereka yang belum merasa percaya diri untuk langsung terjun ke server online. Selain itu juga terdapat mode Extinction dimana kamu bersama 4 orang random lainnya harus bertahan dari serangan aliens/zombie selama yang kamu bisa. Sebenarnya cukup fresh untuk ukuran Call of Duty tapi kamu pastinya sudah sering memainkan mode ini di game lainnya.
2013-11-05_00002
Mode gameplay tradisionalnya juga mendapat beberapa mode baru tapi tidak ada yang menarik. Saya menemukan mode baru bernama Cranked yang akan memaksa pemain untuk terus berlari sambil membunuh untuk bisa selamat. Kamu juga akan menemukan guard dogs yang terkadang spawn untuk membunuh kamu ketika kamu membunuh seseorang. Tapi mungkin yang paling mengecewakan adalah hilangnya mode Headquarter dan Search and Destory, saya tidak tahu mengapa mode ini dihilangkan tapi yang pasti adalah mode baru seperti Crancked dan Hunter tidak mampu mengisi kekosongan ini.
2013-11-05_00007
Tapi secara umum jika kamu menyukai mode multiplayer di seri-seri sebelumnya maka, ghosts menawarkan tambahan yang lebih banyak lagi. Tapi belum bisa dikatakan worth dengan harganya yang $60, kamu bisa saja membeli game versi sebelumnya dengan harga yang lebih murah dan mendapat sensasi yang kurang lebih sama dan lagi pula game versi sebelumnya selain lebih murah juga mempunyai pemain yang banyak.
2013-11-05_00053

Verdict

Call of Duty: ghosts bukanlah revolusi maupun evolusi bagi seri Call of Duty. Ada beberapa fitur dan variasi baru yang dibawa dalam seri ini namun tidak ada hal yang benar-benar baru dalam serinya kali ini.
Sulit untuk mengetahui apa penyebab dari hal ini, apakah karena kekurangan inspirasi atau hanya ingin menghasilkan uang dengan cara cepat. Kesimpulanny: kecuali kamu benar-benar fans hardcore Call of Duty yang harus punya setiap seri terbarunya keluar maka jangan beli ghosts.
Game Terbaru CALL OF DUTY GHOSTS It's Time To Earn The Mask 4.5 5 www.photohot69.com Sebelumnya harus saya katakan bahwa saya adalah fans berat dari seri Call of Duty: Modern Wa...


Top